What Are You Looking For?

Mood Booster yang Bisa Anda Lakukan

Mood Booster yang Bisa Anda Lakukan
Gaya Hidup 04 Februari 2024 259 Views

Tidak semua orang selalu merasakan suasana hati yang enak setiap harinya. Mood yang tidak enak ini, atau biasa disebut bad mood, bisa bikin seseorang malas beraktivitas, malas kerja, dan malah jadi bisa merugikan diri sendiri, lho. Jeleknya mood ini, kadang hanya bisa diperbaiki dengan sesuatu yang menyenangkan alias mood booster. Nah, jika Anda sedang merasa memiliki mood yang jelek atau tidak semangat, mood booster ini bisa menjadi suatu hal yang membuat Anda kembali ceria dan bersemangat lagi. 

Misalnya saja, pagi hari di kantor Anda ditegur atasan karena pekerjaan yang belum rampung. Hal itu tentu bisa bikin bete dan jadi tidak semangat sanpai waktu pulang kantor nanti. Namun, di tengah-tengah hari kerja Anda mendapatkan kiriman berupa kue cokelat dari sahabat di kantor seberang. Seketika, mood Anda yang tadinya jelek karena dimarahi bos, mulai membaik dan kembali ceria karena kiriman kue cokelat dari sahabat. 

Jadi, mana yang bisa disebut sebagai mood booster? Kue cokelat atau sahabat yang mengirimkan? Bisa salah satu atau bahkan keduanya. Kejutan hal baik tak terduga, adanya makanan, atau hal favorit Anda di kala bad mood bisa menjadi mood booster Anda. 

HAL-HAL YANG BISA MENJADI MOOD BOOSTER
Ilustrasi di atas merupakan salah satu contoh mood booster. Nah, di samping itu, masih ada hal-hal lain yang dapat mengubah mood Anda jadi lebih baik, di antaranya sebagai berikut.

Mendengarkan Musik
Hal pertama yang bisa menjadi mood booster adalah mendengarkan musik. Ini didukung oleh penelitian dari British Journal of Psychiatry, di mana menyatakan bahwa mendengarkan musik merupakan salah satu cara mengatasi suasana hati yang buruk. Pada penelitian tersebut, ditemukan bahwa orang yang depresi dan melakukan pengobatan dengan terapi musik lebih cepat sembuh dibanding orang yang melakukan terapi biasa. Jadi, jika Anda sedang bad mood, cobalah mendengarkan musik favorit Anda.

Tidur Siang
Berikutnya yang dapat menjadi mood booster adalah tidur siang. Tahukah Anda, tidur siang sebentar saja ketika mood sedang jelek bisa membantu Anda mengembalikan suasana hati jadi ceria, lho! Studi yang diterbitkan di Journal of Sleep Research menyatakan bahwa orang dengan jam tidur cukup akan lebih jarang mengalami bad mood dibanding mereka yang kurang tidur.
Tak hanya itu, The National Sleep Foundation (NSF) juga menjelaskan bahwa manfaat tidur siang mampu membantu meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, serta semangat kerja pada orang dewasa.
NSF pun menyarankan jika Anda ingin memperbaiki mood, tidurlah siang selama 20 hingga 30 menit. Waktu ini cukup untuk menghilangkan rasa kantuk dan mengembalikan semangat Anda.

Ngobrol Bersama Teman atau Keluarga
Hal sederhana seperti curhat ataupun ngobrol bersama teman maupun keluarga ternyata juga bisa menjadi mood booster. Dengan menceritakan apa yang Anda rasakan, setidaknya Anda tidak memendam kekesalan tersebut sendirian. Jadi, bila suasana hati Anda sedang buruk, jangan sungkan untuk mengirim pesan, menelepon, atau bahkan video call dengan teman maupun keluarga Anda, ya.

Bertemu Orang Tersayang
Selanjutnya yang menjadi contoh mood booster adalah bertemu dengan orang tersayang. Yup, Anda dapat bertemu sahabat, pacar, kakak, atau orang tua ketika sedang bad mood. Berdasarkan penelitian, memeluk dan menemui orang tersayang mampu membuat diri sendiri merasa dicintai dan lebih yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja. Memeluk dan bertemu orang tercinta juga dapat membantu pernapasan lebih rileks serta menurunkan tekanan darah. Tak lupa hormon oksitosin atau hormon bahagia ikut dilepaskan saat Anda menemui orang yang Anda sayang.

Bermain dengan Hewan Peliharaan
Beberapa orang memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Hal tersebut bertujuan agar di kala suasana hati sedang berantakan, maka hal yang bisa menjadi mood booster adalah bermain dengan hewan peliharaannya.

Rutin Berolahraga
Olahraga juga merupakan mood booster yang ampuh ketika Anda sedang mengalami bad day. Mengapa? Karena olahraga dapat membantu otak memproduksi hormon endorfin, yakni hormon yang bisa meningkatkan suasana hati dan rasa senang. Manfaat olahraga selain sebagai mood booster adalah baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan minimal 150 menit setiap minggunya. Terlebih lagi, olahraga secara rutin juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak, di mana hal tersebut baik untuk suasana hati Anda.

Makan Makanan Favorit
Banyak orang membeli makanan favoritnya saat sedang dilanda bad mood. Nah, hal tersebut juga bisa Anda lakukan. Misalnya Anda dapat memakan coklat, sayur, dan buah. Perlu diketahui bahwa coklat memiliki kandungan yang mampu membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon tersebut bisa mengurangi kecemasan dan stres, serta membantu memperbaiki suasana hati Anda. Makanan dan minuman manis juga berhubungan dengan angka kejadian depresi.

Selain itu, mengonsumsi buah dan sayur baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Ini dikarenakan penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry menyatakan bahwa orang yang lebih banyak makan sayuran jarang terkena depresi dibandingkan orang dengan hobi makan gorengan dan manis-manis. Hal tersebut berkaitan dengan peningkatan serotonin otak ketika seseorang mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan.

LAKUKAN INI BILA MOOD BOOSTER TIDAK KUNJUNG DATANG
Meskipun sudah mencoba berbagai hal guna mendongkrak mood, terkadang hal itu masih belum berhasil. Tidak semua cara bisa meredakan rasa bete pada diri Anda. Namun, Anda tak perlu khawatir. Cobalah lakukan hal-hal berikut untuk meredakan amarah, kecewa, dan mengusir perasaan tidak semangat pada diri Anda.

Sadari bahwa Anda tidak sendirian
Perubahan mood bisa datang kapan saja, Anda juga tidak bisa menghindarinya langsung. Semua orang pernah mengalami bad mood dan mereka juga butuh mood booster sama halnya dengan Anda. Akan tetapi, mungkin mereka bisa menutupi perasaan atau kondisi bad mood-nya. 

Atur napas
Sesaat setelah bad mood melanda, baiknya langsung ambil napas dalam-dalam. Coba tarik napas dalam dan tahan selama 5-7 detik. Hal itu bisa membuat Anda lebih relaks. Anda juga bisa segera melakukan sesuatu yang bisa membuat Anda tenang ketika kesal melanda. 

Menangis 
Banyak orang merasa lega sehabis menangis. Menangis bukanlah hal yang memalukan dan bukan berarti Anda cengeng. Menangis merupakan salah satu bentuk pelepasan emosi. Akan tetapi, jika Anda merasa gampang menangis karena mudah tersinggung, bosan, atau putus asa, mungkin saja Anda mengalami depresi dan memerlukan bantuan dari psikolog atau dokter.

Tunggu bad mood mereda
Bad mood kadang tidak berlangsung seharian. Coba tunggu beberapa saat dengan cara menyibukkan diri dengan pekerjaan, membersihkan rumah, membereskan meja kantor yang berantakan, atau bahkan coba mandi air hangat untuk bikin badan lebih relaks. 


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life