What Are You Looking For?

Segudang Manfaat Strawberry Yang Belum Anda Ketahui

Segudang Manfaat Strawberry Yang Belum Anda Ketahui
Kesehatan Invalid date 268 Views

Siapa sih yang tak tahu akan buah strawberry. Sampai saat ini kepopuleran dari buah strawberry juga tidak perlu diragukan lagi. Buah ini memang sudah banyak yang begitu menyukainya. Menariknya lagu banyak orang mengkonsumsi buah strawberry dengan berbagai cara. Mulai dimakan langsung atau bisa juga dibuat menjadi minuman jus. Namun tahukah kalian jika buah strawberry sebenarnya juga mampu memberikan manfaat yang begitu banyak bagi tubuh manusia.

Buah strawberry pertama kali dikenalkan oleh bangsa Eropa sekitar abad 18. Adanya buah strawberry yang kita kenal saat ini tak lain karena proses hibrida dari dua jenis spesies buah strawberry dari Amerika Utara dan Chili yang memiliki warna merah cerah, berarir, manis serta lebih cenderung asam.

Strawberry juga terkenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan mangan yang begitu baik serta kandungan folat atau vitamin B9 dan potasium. Strawberry sendiri memiliki nama latin Fragaria Ananassa juga kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman. Tak heran jika buah strawberry mampu memberikan manfaat bagi kesehatan jantung serta mampu mengontrol gula darah.

Kandungan nutrisi dalam stroberi
Di dalam 100 gram stroberi, terkandung sekitar 32 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

8 gram karbohidrat
2 gram serat 
1 gram protein
150 miligram kalium
15 miligram kalsium
15 miligram magnesium
6 miligram vitamin C

Tak hanya itu, stroberi juga mengandung vitamin B6, asam folat, zat besi, dan beragam jenis antioksidan, seperti antosianin dan ellagitannins. Kandungan zat besi dan antioksidan tersebut juga dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak, menjaga kelembapan rambut, serta menghaluskan rambut.

Beragam manfaat stroberi untuk kesehatan
Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, ada beberapa manfaat stroberi yang dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin, yaitu:

Menjaga kesehatan mata dan rambut
Buah strawberry diperkaya oleh kandungan vitamin C dan antioksidan seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid. Keduanya dapat membantu melawan radikal bebas agar mata terhindar dari masalah seperti mata kering, degenerasi makula, dan katarak. Antioksidan pada strawberry juga dapat membantu membersihkan dan melindungi kondisi rambut.

Bahkan, keramas menggunakan shampo berbahan dasar strawberry bisa jadi solusi untuk menambah volume rambut yang rata atau tipis dan melembutkannya supaya rambut tampak lebih halus dan indah.  Tidak hanya itu, sampo berbahan dasar strawberry dengan aroma jasmine yang lembut dan mint yang menyegarkan, membuat kulit kepala lebih nyaman. Selain itu, kandungan kalium dalam strawberry juga dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang dapat membahayakan penglihatan

Meningkatkan kekebalan tubuh
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa rutin meminum jus strawberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena buah strawberry kaya akan vitamin C.  Kekebalan tubuh yang baik akan mencegah Anda dari berbagai penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, Anda dapat hidup lebih sehat. Selain itu, vitamin C dalam buah strawberry juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.

Mencegah kanker
Vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol merupakan beberapa jenis flavonoid yang terkandung dalam strawberry yang memiliki efek antikarsinogenik. Kandungan antikarsinogenik ini dapat melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker, serta mencegah metastasis (penyebaran) sel kanker di dalam tubuh. Minumlah jus strawberry secara rutin agar terhindar dari bahaya kanker.

Mencegah sembelit
Stroberi merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat prebiotik. Kandungan serat ini diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran cerna. Tak hanya itu, stroberi juga mengandung antosianin, salah satu jenis antioksidan yang mampu mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.

Menurunkan berat badan
Stroberi dapat menjadi salah satu pilihan makanan bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Soalnya, stroberi termasuk buah rendah kalori yang mengandung berbagai macam nutrisi . Tak hanya itu, stroberi juga tinggi serat yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan berlebih pun akan berkurang.

Menjaga daya tahan tubuh
Agar tidak mudah sakit, Anda bisa menambahkan stroberi ke dalam menu makan sehari-hari. Kandungan vitamin C dalam buah stroberi dapat menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih kuat melawan virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit.

Menurunkan kadar kolesterol 
Kandungan serat di dalam stroberi juga mampu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol serta mencegah penyempitan pembuluh darah. Manfaat ini didukung oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi stroberi secara rutin selama 3 minggu mampu mengurangi kada kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Menjaga tekanan darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah stroberi bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan kalium, flavonoid, dan polifenol di dalam stroberi yang mampu menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, buah ini baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Mengontrol kadar gula darah
Manfaat stroberi selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Manfaat ini diperoleh karena stroberi memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak memicu terjadinya lonjakan kadar gula darah. Berkat manfaat ini, buah stroberi aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

Mencegah serangan jantung
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stroberi mampu menjaga tekanan darah tetap normal, mengatasi kolesterol tinggi, dan mengontrol kadar gula darah. Kombinasi beragam manfaat stroberi ini menjadikannya efektif dalam menjaga kesehatan jantung  dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Mencegah kanker
Stroberi merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas, yang dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit, seperti penyakit degeneratif dan kanker. Kandungan antioksidan dalam stroberi juga bermanfaat untuk meredakan peradangan serta menjaga kesehatan kulit dan tulang.

Menurunkan risiko terjadinya pikun
Manfaat stroberi yang juga bisa Anda dapatkan adalah menurunkan risiko terjadinya pikun atau demensia. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan antioksidan, seperti pelargonidin, antosianidin, dan flavonoid, yang dapat menjaga kesehatan saraf sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya demensia.

Mencegah risiko stroke
Manfaat strawberry yang penting selanjutnya adalah mencegah serangan stroke. Hal ini karena zat anthocyanin pada strawberry yang dapat mencegah hipertensi. Hipertensi adalah salah satu faktor risiko stroke. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi strawberry secara rutin, tekanan darah dapat terkontrol sehingga mengurangi risiko stroke.

Menjaga kesehatan pencernaan
Selain untuk menurunkan berat badan, serat yang terkandung pada buah strawberry juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat berfungsi untuk mengikat lemak dan kotoran di usus sehingga mencegah Anda dari berbagai penyakit seperti sembelit dan wasir. Serat juga dapat membantu flora usus agar mencerna makanan lebih baik.

Mengatasi peradangan (anti inflamasi)
Manfaat strawberry selanjutnya adalah membantu mencegah peradangan. Kandungan strawberry yang bertindak sebagai anti inflamasi adalah polifenol, antosianin, mikronutrien dan serat. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi dari Oklahoma State University Amerika Serikat  yang menyimpulkan bahwa zat-zat pada strawberry tersebut berperan dalam mencegah peradangan pada jaringan tubuh, hiperglikemia, dan berbagai penyakit pembuluh darah.

Mengatasi jerawat
Selain menjaga tubuh dari berbagai penyakit berbahaya, ternyata strawberry juga mampu mengatasi jerawat.  Hal ini karena kandungan zat anti inflamasi yang terdapat pada strawberry. Zat tersebut mampu mencegah peradangan pada kulit yang menyebabkan jerawat.

Menghidrasi kulit
Kandungan air pada strawberry efektif untuk mencegah kulit kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terjaga kelembabannya.  Saat kelembapannya terjaga, kulit akan lebih segar dan terhindar dari masalah-masalah yang diakibatkan oleh kulit kering.

Mencegah penuaan dini
Strawberry adalah buah yang kaya akan Vitamin C. Sejumlah penelitian telah membuktikan efektivitas vitamin C dalam mencegah kulit dari tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan keriput. Anda dapat memperoleh manfaat vitamin C dari buah strawberry dengan cara menghaluskannya lalu mengaplikasikan pada wajah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung.

Melindungi kulit dari bahaya polusi dan sinar UV
Manfaat strawberry yang penting untuk kulit selanjutnya adalah melindungi dari bahaya polusi dan sinar UV. Hal ini berkat kandungan strawberry yang kaya antioksidan. Antioksidan pada strawberry dapat menangkal radikal bebas yang diakibatkan oleh polusi serta menjaga kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

 


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life