What Are You Looking For?

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Wajah
Kecantikan 21 Februari 2024 433 Views

Kulit merupakan bagian terluar tubuh. Sejauh mana dan mengapa Anda perlu menjaga kesehatannya?
Sebagai bagian terluar tubuh, kulit sangat mudah terlihat. Karena itu, sehat atau tidaknya bagian tubuh yang satu inipun mudah diketahui. Hal tersebut cukup untuk menjadi alasan bagi seseorang agar merawat kulitnya. Apalagi jika orang tersebut benar-benar memerhatikan penampilan.

Namun, ada alasan lain yang mengharuskan seseorang perlu menyadari pentingnya merawat kulit. Bukan hanya bagi Anda yang perduli pada penampilan saja, tapi juga mereka yang tidak peduli atau tidak memiliki waktu untuk merawat kulitnya.

Alasan mengapa kesehatan kulit wajah perlu dijaga
Pentingnya menjaga kesehatan kulit bukan tanpa alasan, lho. Aktivitas yang padat membuat Anda sering berhadapan dengan sinar matahari dan polusi udara, seperti asap rokok, asap kendaraan, serta limbah udara pabrik.

Sinar matahari berlebihan bisa membuat kulit wajah Anda mengalami sunburn. Ditambah lagi, paparan berbagai polusi dan asap juga diketahui dapat merusak kekencangan kulit serta memicu berbagai penyakit kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Sebagian besar orang mengakali hal ini dengan masker. Penggunaan masker saat beraktivitas memang bisa mengurangi paparan sinar matahari dan polusi udara sehingga berdampak baik pada kulit Anda. Namun, penggunaan masker yang tidak tepat juga bisa berdampak buruk pada kulit wajah.

Masker bedah yang dipakai berulang kali atau masker kain yang tidak dicuci dengan tepat bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan virus. Selain itu, memakai masker di tengah panasnya kota juga bisa membuat wajah berkeringat, sehingga kulit menjadi lebih lembap dan hangat. Kondisi kulit seperti ini ideal untuk pertumbuhan bakteri, jamur, bahkan parasit. Jika kesehatan dan kebersihan kulit Anda tidak dijaga, hal ini tentu dapat membuat Anda lebih berisiko mengalami masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, rosacea, dan selulitis. Belum lagi jika Anda termasuk orang yang sering menyentuh wajah. Sebuah studi mengatakan bahwa rata-rata orang bisa menyentuh pipi, dagu, atau dahinya bisa mencapai 13 kali dalam 1 jam. Kebiasaan ini akan membuat wajah terpapar kuman atau kotoran dari tangan.

Cara menjaga kesehatan kulit wajah

  • Agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan di atas, penting bagi Anda untuk merawat kulit wajah dengan mengikuti beberapa panduan berikut ini:
  • Cuci muka 2 kali sehari, yaitu pagi hari dan sebelum tidur. Pastikan Anda menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Gunakan pembersih wajah antibakteri untuk membunuh kuman yang mungkin sudah seharian menempel pada kulit wajah Anda.
  • Gunakan tabir surya khusus wajah dengan kadar SPF 30 atau lebih saat beraktivitas di luar rumah pada siang hari. Pakai selalu tabir surya meski cuaca sedang mendung sekalipun dan ulang pemakaiannya tiap 2 jam.

Menerapkan pola hidup sehat 
Tidak hanya dari luar, perawatan untuk kesehatan kulit wajah juga harus dilakukan dari dalam, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Faktanya, mengonsumsi makanan bergizi seimbang bisa menjadi cara sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan kulit. Selain itu, lengkapi juga dengan membatasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, hindari kebiasaan merokok, rutin berolahraga, kelola stres dengan baik, serta cukup beristirahat. 


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life