What Are You Looking For?

Tetaplah Pakai Sunscreen di Rumah atau di Ruangan

Tetaplah Pakai Sunscreen di Rumah atau di Ruangan
Kecantikan 21 Februari 2024 368 Views

Penggunaan sunscreen ditujukan untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Tak hanya di luar, Anda juga perlu pakai sunscreen di rumah agar terhindar dari masalah kulit akibat bahaya sinar matahari. Mungkin masih banyak orang yang menganggap kulit akan sepenuhnya terlindungi dari paparan sinar matahari ketika sedang di dalam ruangan. Padahal, kenyatannya tidak demikian, lho. Kamu masih tetap perlu memakai sunscreen meski sedang berada di dalam ruangan.

Sunscreen atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari atau sinar UV. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi lebih gelap, terbakar, bahkan berisiko terkena kanker kulit.

Perlu kamu ketahui bahwa sunscreen berbeda dengan sunblock. Tidak seperti sunblock yang menangkis masuknya sinar matahari ke kulit, sunscreen bersifat “menyaring”. Itu artinya, masih ada sedikit sinar UV yang bisa masuk ke kulitmu. Sunscreen umumnya mengandung axybenzone atau avobenzone, sedangkan sunblock biasanya mengandung titanium oxide atau zinc oxide. Kamu dianjurkan untuk memakai sunscreen setiap hari, tidak hanya saat beraktivitas di luar ruangan, tapi juga ketika kamu berada di dalam ruangan. Kenapa demikian?

Pentingnya Menggunakan Sunscreen Saat Berada di Dalam Ruangan
Anjuran menggunakan sunscreen meski di dalam ruangan bukan tanpa alasan. Hal ini karena sinar UV dari matahari masih bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela atau kaca dan memapar kulitmu. Paparan sinar UV ini lama kelamaan bisa menyebabkan penuaan dini kulit dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Bahkan, berbagai riset menyebutkan bahwa sinar UV masih bisa menembus ke dalam ruangan meski cuaca sedang mendung. Jadi, anggapan bahwa kulit akan terbebas dari paparan sinar matahari saat berada di dalam ruangan itu tidaklah benar, ya.

Jika kamu hanya berada di dalam rumah, sunscreen bisa dipakai 1 kali saja. Namun, bila kamu sudah berkeringat atau terkena air, sebaiknya oleskan sunscreen kembali. Sementara itu, jika kamu beraktivitas di luar ruangan, gunakanlah sunscreen minimal 30 menit sebelum berada di bawah terik sinar matahari.

Oleskan kembali sunscreen setiap 2 jam bila kamu beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. Sunscreen juga perlu dioleskan kembali ketika tubuhmu sudah banyak berkeringat atau setelah kamu berenang.

Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV
Agar efek perlindungan sunscreen lebih optimal saat beraktivitas di bawah sinar matahari, kamu juga disarankan untuk menggunakan pakaian berlengan pajang dan celana panjang, serta memakai topi bertepi lebar dan kacamata hitam guna menghalangi paparan sinar matahari pada area wajah.

Agar bisa melindungi kulit dengan baik, pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk mencegah dampak buruk paparan sinar matahari. Pastikan juga sunscreen yang kamu pakai memiliki formulasi yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya.

Misalnya, jika kulitmu berminyak, kamu bisa memilih sunscreen yang tidak berminyak atau berlabel non-comedogenic.

Agar kulitmu senantiasa sehat dan awet muda, jadikanlah sunscreen sebagai produk skincare wajib yang kamu pakai setiap hari, meskipun kamu hanya berada di dalam ruangan. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan perawatan kulit yang lain, termasuk dengan menggunakan moisturizer.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life