What Are You Looking For?

Manfaat Sea Algae Untuk Kesehatan Yang Banyak Belum Diketahui

Manfaat Sea Algae Untuk Kesehatan Yang Banyak Belum Diketahui
Kesehatan 07 Februari 2024 288 Views

Sea Algae atau Rumput laut atau seaweed masuk ke dalam kelompok algae dan terdiri dari beberapa jenis seperti alga cokelat, alga merah, dan alga hijau. Makanan yang disajikan dengan rumput laut ini rata-rata berasal dari Asia. Tidak hanya mempunyai rasa yang unik, kandungan gizi rumput laut cukup beragam.

Berikut adalah fakta gizi serta komposisi rumput laut mengutip dari Panganku.

  • Kalori: 41 kkal.
  • Air: 87 gram (g).
  • Karbohidrat: 8,1 g.
  • Serat: 2,2 g.
  • Kalsium: 80 miligram (mg).
  • Fosfor: 20 mg.
  • Natrium: 250 mg.
  • Kalium: 380 mg.
  • Beta karoten: 1958 mikrogram (mcg).
  • Vitamin C: 7 mg.

Selain itu, rumput laut juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rumput laut yang bisa Anda peroleh ketika mengonsumsinya:

Meningkatkan fungsi tiroid
Tiroid punya peranan penting dalam sistem metabolisme tubuh. Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa didapat dengan mengonsumsi rumput laut atau garam beryodium. Kekurangan yodium dapat menyebabkan hipotiroid.

Meningkatkan kesehatan jantung
Rumput laut merupakan sumber serat larut air yang baik. Rumput laut juga mengandung asam lemak omega-3 serta antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan gizi dalam rumput laut terlihat mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, serta mencegah pembekuan darah. Namun penelitian klinis lebih lanjut mengenai manfaat rumput laut tersebut masih diperlukan untuk memperkuat bukti tersebut.

Menstabilkan gula darah
Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat, yang bisa didapat dari sayur, buah, dan rumput laut, bisa membantu memperbaiki kadar gula darah. Senyawa fucoxantin dan alginat dalam rumput laut diyakini dapat mengurangi resistensi insulin dan menstabilkan kadar gula darah, serta mencegah diabetes tipe 2.

Membantu menurunkan berat badan
Kandungan fucoidan yang terdapat dalam rumput laut diketahui dapat meningkatkan pemecahan lemak serta mencegah pembentukan lemak di dalam tubuh. Selain itu, rumput laut juga mengandung serat yang dapat mengurangi rasa lapar dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Sejumlah penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dan anti-alergenik dalam rumput laut memiliki kemampuan untuk menghalangi berbagai virus masuk ke dalam sel tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manafaat rumput laut ini pada manusia.

Meningkatkan kesehatan usus
Kandungan serat dalam rumput laut dapat membantu mencegah sembelit dan memastikan sistem pencernaan berjalan lancar. Rumput laut juga mengandung prebiotik yang menguntungkan untuk usus dan mengurangi risiko infeksi bakteri tertentu yang berbahaya.

Menurunkan risiko kanker tertentu
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi rumput laut secara rutin diduga dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker tiroid. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk membuktikan manfaat rumput laut  ini. Rumput laut juga diketahui memberikan perlindungan untuk melawan beberapa penyakit, seperti sindrom metabolik, kerusakan kulit, hingga penyakit radang sendi.

Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat atau khasiat rumput laut yang tak kalah penting adalah membantu luka agar cepat sembuh. Rumput laut yang kaya akan vitamin K ini bekerja sama dengan trombosit – jenis sel yang dapat membentuk gumpalan atau pembekuan darah. Vitamin jenis ini ada pada jenis rumput laut mana pun, tetapi kandungan vitamin K pada rumput laut hijau lebih sedikit.

Menjaga kekuatan tulang dan gigi
Rumput laut juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Apalagi, tubuh manusia tidak dapat memproduksi kalsium dengan sendirinya. Tidak hanya itu saja, menjaga asupan kalsium juga dapat membantu menjaga fungsi jantung, otot, serta saraf.

Meningkatkan energi
Kandungan lainnya yang terdapat pada rumput laut adalah zat besi. Manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah memproduksi energi agar tetap aktif. Zat besi pada rumput laut juga bermanfaat untuk membentuk hemoglobin, sel darah merah pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Maka dari itu, tubuh yang mempunyai cukup asupan zat besi juga bisa mencegah terjadinya anemia karena kadar hemoglobin seimbang.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life