What Are You Looking For?

Segudang Manfaat Red Beet Extract Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Red Beet Extract Untuk Kesehatan
Kesehatan 06 Februari 2024 224 Views

Di balik rasanya yang terbilang unik, ada beragam manfaat buah bit bagi kesehatan. Tanaman berwarna merah keungunan ini mengandung berbagai nutrisi yang diketahui baik untuk menjaga tekanan darah hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.  Bit sebenarnya bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya singkong dan ubi. Namun, karena bentuk dan warnanya, bit sering kali disangka sebagai buah-buahan.

Di dalam buah bit menyediakan nutrisi berupa protein, serat, antioksidan, dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C dan B6. Buah ini juga memiliki kandungan rendah lemak dan kalori yang aman bagi tubuh. Beberapa manfaatnya, termasuk menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, mencegah pikun, dan meningkatkan stamina. Selain itu, buah bit juga efektif mencegah anemia dan menjaga kesehatan mata.

Berbagai Manfaat Buah Bit
Menurut dari U.S. Department of Agriculture, berikut kandungan dalam 100 mililiter jus buah bit organik:

  • Kalori sebanyak 29 kilokalori.
  • Protein sebanyak 0.42 gram.
  • Karbohidrat sebanyak 7.50 gram.
  • Gula sebanyak 5.42 gram.
  • Serat sebanyak 0.40 gram.

Sementara nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah bit yang dimasak, di antaranya:

  • Kalori sebanyak 44 kilokalori.
  • Protein sebanyak 1.7 gram.
  • Lemak sebanyak 0.2 gram.
  • Serat sebanyak 2 gram.
  • Vitamin C sebanyak 6 persen dari kebutuhan harian tubuh (RDI)
  • Folat  20 persen dari RDI.
  • Vitamin B6 sebanyak 3 persen dari RDI.
  • Magnesium sebanyak 6 persen dari RDI.
  • Kalium sebanyak 9 persen dari RDI.
  • Fosfor sebanyak 4 persen dari RDI.
  • Mangan sebanyak 16 persen dari RDI.
  • Besi sebanyak 4 persen dari RDI.

Beragam Manfaat Buah Bit
Berkat kandungan beragam nutrisi di dalamnya, bit dapat memberikan beragam manfaat kesehatan, yaitu:

Menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung
Kandungan nitrat di dalam buah bit akan berubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat tersebut efektif membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan pigmen merah betasianin dan antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

Menjaga kadar gula darah
Buah bit mengandung antioksidan berupa asam alpha-lipoic. Nutrisi tersebut efektif mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada pengidap diabetes. Selain itu, penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan, bahwa buah bit dapat memperbaiki kadar gula darah pada pengidap obesitas, tetapi cukup mendukung mereka untuk memiliki berat badan ideal.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Peradangan menjadi respons yang terbentuk ketika ada benda atau zat asing masuk tubuh. Buah bit bekerja dengan meningkatkan kekebalan tubuh guna mengusir zat tersebut yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Mencegah pikun
Kandungan nitrat di dalam buah bit mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke sel dan jaringan tubuh yang kekurangan pasokannya, termasuk ke otak. Ini dapat melawan perkembangan gejala pikun, terutama pada lansia.

Meningkatkan stamina
Meningkatkan stamina tubuh adalah manfaat yang terjadi berkat kandungan karbohidrat dan protein, serta vitamin dan mineral di dalam buah bit. Jika memiliki aktivitas padat, disarankan untuk mengonsumsi jus buah bit untuk menambah energi.

Mendukung fungsi otot dan saraf
Buah bit kaya akan mineral, seperti kalium, yang dapat mendukung fungsi otot dan saraf dalam tubuh. Manfaat ini juga terjadi berkat kandungan nitrat yang bekerja melancarkan aliran darah pada pembuluh vena dan arteri ke dalam otot.

Menyehatkan pencernaan
Serat dapat melancarkan proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Dengan begitu, feses yang dihasilkan akan lebih lembut dan besar, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar dan teratur. Serat juga memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan, terutama yang jumlahnya sedikit.

Membantu menurunkan berat badan
Selain rendah kalori, buah bit mengandung tinggi air yang dapat membantu menurunkan berat badan. Asupan serat di dalamnya dapat membantu menurunkan nafsu makan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Menjaga kesehatan mata
Buah bit mengandung lutein atau zeaxanthin yang dapat membantu menjaga kesehatan makula dan retina mata. Di dalamnya juga terdapat vitamin C yang mampu menjaga tingkat kelembapan dan mencerahkan penglihatan.

Mencegah anemia
Buah bit mengandung tinggi zat besi yang dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi. Gangguan ini ditandai dengan rasa lelah berlebihan, pusing, sesak napas, sakit kepala, dan peningkatan detak jantung.

Memelihara kesehatan pencernaan
Kandungan serat dalam bit bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa serat bermanfaat untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna akibat peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar. Selain itu, senyawa betaine dalam buah bit juga dapat mengurangi kembung, mencegah intoleransi makanan, mengontrol pertumbuhan bakteri baik, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life