What Are You Looking For?

Allantoin, Si Ampuh Untuk Anti Iritasi Kulit

Allantoin, Si Ampuh Untuk Anti Iritasi Kulit
Kecantikan Invalid date 225 Views

Allantoin memiliki manfaat untuk meredakan kulit yang iritasi, sehingga dinilai baik untuk pemilik kulit kering, sensitif, maupun berjerawat. Allantoin atau juga dikenal sebagai aluminium dihydroxy allantoinate adalah ekstrak dari tanaman komprei. Tanaman ini berasal dari daerah beriklim sedang di Asia dan Eropa. Ini memiliki khasiat penyembuhan dan menenangkan yang kuat, dan telah lama digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kulit ringan dan pembengkakan. 

Tanaman komfrey 
Melansir dari Byrdie, allantoin atau yang memiliki nama lengkap aluminium dihydroxy allantoinate merupakan zat yang terbuat dari ekstrak tanaman komfrey. Tanaman komfrey dapat ditemukan di daerah Asia dan Eropa. Daun komfrey juga sudah sejak lama digunakan untuk membantu penyembuhan luka kulit ringan serta pembengkakkan. Diwartakan dari Skinbetter, allantoin juga bisa diperoleh dari beberapa tanaman, seperti chamomile, biji tembakau, dan kecambah gandum. Namun di antara semuanya, tanaman komfrey memiliki kandungan zat allantoin yang paling banyak.

Manfaat allantoin untuk kulit 
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan allantoin untuk kulit yang bisa Anda peroleh:

Melembapkan kulit 
Allantoin mampu menjaga kadar air di dalam kulit, sehingga kulit tetap lembap. Kemampuannya ini baik untuk mengatasi masalah kulit kering. Bahkan, banyak produk pelembap kulit dengan kandungan allantoin yang dijual bebas di toko kecantikan.

Menenangkan kulit 
Allantoin juga dikenal bisa menenangkan kulit karena memiliki antioksidan dan efek antiradang. Efek ini bisa dimanfaatkan untuk kulit yang sedang berjerawat atau iritasi, seperti kulit kemerahan, kering, dan perih.

Mengeksfoliasi kulit
Allantoin juga dinilai memiliki sifat eksfoliator ringan alias mampu mengelupas sel kulit mati tanpa memicu iritasi. Dengan begitu, tekstur kulit bisa lebih halus dan tampak lebih cerah.

Memudarkan bekas luka
Allantoin ditemukan di beberapa gel untuk menghilangkan bekas luka. Hal ini karena ia dapat mengurangi peradangan pada bekas luka. Namun, ini bukan solusi untuk semua bekas luka. Beberapa bekas luka memerlukan suntikan steroid.

Membantu penyembuhan luka
Ketika memiliki luka, tentunya kamu ingin menyembuhkannya secepat mungkin, bukan? Baik untuk alasan kenyamanan maupun estetika. Karena allantoin dapat mengurangi peradangan, produk dengan bahan tersebut dapat membantu penyembuhan luka.

Mengatasi masalah penuaan 
Semakin bertambahnya usia, kadar kolagen di dalam kulit akan menurun. Hal ini menyebabkan kulit rentan mengalami masalah penuaan, seperti keriput dan garis halus. Nah, penggunaan produk dengan kandungan allantoin mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Menyamarkan bekas jerawat
Efek antiradang yang dimiliki allantoin juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan bekas luka, khususnya luka bekas jerawat.

Karena kemampuan tersebut, zat allantoin dapat meremajakan sel dan efektif menjadi bahan antiaging kulit. Penggunaan skincare allantoin ke kulit umumnya aman dan tidak akan menimbulkan efek samping apa pun.
Akan tetapi, hindari mengolah daun komfrey dengan cara dihancurkan lalu dioleskan ke kulit. Sebab, mengoleskan ekstrak daun komfrey secara langsung ke kulit berisiko menimbulkan efek samping tertentu. Sebaiknya gunakan zat allantoin dalam bentuk produk skincare karena sudah teruji secara klinis.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life