What Are You Looking For?

Aloe Barbadensis Leaf Extract, Kaya Vitamin untuk Kulit

Aloe Barbadensis Leaf Extract, Kaya Vitamin untuk Kulit
Kecantikan Invalid date 328 Views

Aloe Barbadensis Extract merupakan nama lain dari Aloe Vera atau lidah buaya yang dikenal memiliki khasiat yang baik untuk mengembalikan kondisi kulit, mengurangi inflamasi, menyejukkan serta menenangkan kulit. Di sejumlah negara, aloe vera sudah sejak lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Aloe vera kerap digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan, seperti sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi, dan kolik. Selain itu, aloe vera sering dipakai dalam bidang industri, kosmetik, farmasi, dan juga makanan.

Secara umum, Aloe Barbadensis Leaf merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman Aloe Barbadensis Leaf ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Aloe Barbadensis Leaf mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe Barbadensis Leaf dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit.

Aloe Barbadensis Leaf Extract ini sangat kaya protein, kalsium, magnesium, seng, vitamin A, B12, C dan E, asam lemak esensial serta asam amino dan enzim peremajaan kulit. Aloe Barbadensis Leaf Extract banyak digunakan dalam pembuatan berbagai obat herbal, kosmetik dan produk kecantikan.

Kandungan dalam aloe barbadensis extract 
Wajar saja bila lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebab, tanaman ini ternyata kaya akan vitamin dan berbagai mineral baik yang penting bagi tubuh. Berikut ini beberapa kandungan aloe vera yang menjadikannya sangat bermanfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Vitamin B: Daging lidah buaya mengandung vitamin B yang bermanfaat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.
Vitamin B12: Aloe vera memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal umumnya, vitamin jenis ini hanya ditemui pada bahan makanan hewani.
Vitamin E: Kandungan ini menjadikan aloe vera baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.
Asam folat: Aloe vera cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mengandung banyak nutrisi untuk ibu dan janin.
Mineral: Aloe vera mengandung mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potassium mangan.
Antioksidan: Antioksidan dalam aloe vera terbilang tinggi. Hal ini membuat lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV.
Antiinflamasi: Enzim dalam aloe vera yang disebut Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Fungsi antiinflamasi dalam aloe vera semakin diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang dimilikinya.

Manfaat aloe barbadensis leaf extract untuk kulit 
Berikut berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Menenangkan dan menghidrasi kulit
Banyak orang lupa bahwa kulit adalah organ yang memainkan peran sangat penting dalam memastikan tidak ada racun, bahan kimia, kuman, atau kontaminan asing yang masuk ke dalam tubuh. Hanya karena tidak ada luka menganga, tidak berarti kulit Anda tidak memerlukan perlindungan. Agar dapat melakukan fungsi proteksi secara sempurna, Anda harus selalu menjaga kondisi kulit, termasuk agar tidak tegang dan terhidrasi baik.  Sebab, kulit kering lebih mudah terkena iritasi dan dapat menimbulkan ruam atau luka sobek. Dengan menggunakan produk berbasis lidah buaya, Anda dapat memastikan bahwa kulit tetap terhidrasi dan bersih setiap saat. 

Melembapkan kulit
Jika dioleskan ke kulit, getah dari aloe vera bisa menjaga kelembapan kulit secara alami. Hal ini karena aloe vera banyak mengandung nutrisi yang dapat menjaga kelembapan kulit, seperti antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim. Inilah yang menjadi alasan gel dari aloe vera bisa digunakan sebagai pelembap kulit. Gel aloe vera juga memiliki tekstur yang lembut dan cepat meresap ke kulit, sehingga baik digunakan sebagai pelembap wajah bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau kulit kering.

Penyembuh luka
Lidah buaya populer digunakan sebagai obat alami untuk membantu penyembuhan luka, seperti goresan dan luka bakar. Sifat antimikroba pada aloe vera menjadikannya efektif untuk membersihkan dan mengurangi risiko infeksi luka.  Itu sebabnya, lidah buaya juga populer digunakan untuk membantu menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari.

Mencegah tanda penuaan
Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus dan kerutan akan mudah muncul. Hal ini juga disebabkan kondisi kulit yang mulai kehilangan kelembapan serta elastisitasnya. Tetapi, Anda bisa mencegah tanda penuaan sejak dini dengan menggunakan aloe vera. Kemampuan aloe vera untuk melembapkan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati dipercaya dapat mencegah tanda penuaan.

Mengurangi stretch mark
Ketika kulit mulai mengendur atau merenggang, seperti selama kehamilan atau karena kenaikan berat badan yang cepat, elastisitasnya menjadi berkurang.  Hal ini menimbulkan kerutan atau tanda-tanda peregangan yang akrab disebut stretch mark.  Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sabun berbahan dasar aloe vera setiap harinya.

Mengurangi inflamasi atau peradangan
Salah satu penyebab peradangan adalah kerusakan oksidatif, yang disebabkan karena radikal bebas dalam tubuh merusak sel-sel di dalamnya. Antioksidan yang terdapat dalam lidah buaya mengikat radikal bebas dan membantu mengatasi peradangan tersebut.  Untuk melakukannya, Anda bisa mengonsumsi jus aloe vera maupun mengoleskan gel lidah buaya di area kulit yang bermasalah.

Media detoksifikasi alami
Tanpa disadari, ada begitu banyak racun dan zat berbahaya yang ada pada tubuh manusia. Zat racun tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui berbagai hal, khususnya akibat kontaminasi dengan lingkungan sekitar. Paparan dengan udara kotor misalnya, menyebabkan banyak debu, kotoran, sebum, dan partikel polusi bisa menempel di kulit. 
Jika tidak dibersihkan, kotoran yang mengundang banyak kuman tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Sebagai media detoksifikasi alami, penggunaan aloe vera bermanfaat untuk mengeluarkan dan membersihkan racun-racun tersebut.

Membantu menghaluskan permukaan kulit
Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit. Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.

Mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit
Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.  Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Psoriasis
Seperti halnya eksim, lidah buaya dapat membantu meringankan peradangan dan gatal akibat psoriasis. Untuk hasil terbaik, oleskan gel lidah buaya dua kali sehari ke area kulit yang terkena.

Jerawat meradang
Karena efek anti-inflamasi dari lidah buaya, gel ini dapat membantu mengobati bentuk jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Oleskan gel dengan kapas langsung ke jerawat tiga kali sehari.

Eksim
Pelembab dari lidah buaya dapat membantu meringankan kulit kering dan gatal yang berhubungan dengan eksim. Gel lidah buaya juga dapat membantu meringankan dermatitis seboroik.  Meskipun bentuk eksim berminyak ini paling sering ditemukan di kulit kepala, eksim ini juga dapat menyerang bagian wajah dan belakang telinga.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life