What Are You Looking For?

Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit
Kecantikan 04 Februari 2024 289 Views

Dunia kecantikan semakin berkembang di era modern ini, sehingga semakin banyak kandungan bahan aktif yang digunakan dalam pembuatan produk skincare, seperti centella asiatica yang merupakan kandungan skincare dari ekstrak daun pegagan. Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat Centella asiatica (daun pegagan) untuk kulit. Centella asiatica diklaim dapat mengatasi sejumlah keluhan pada kulit, seperti kulit kering, berjerawat, atau luka.

Jenis tanaman ini banyak tumbuh di kawasan Asia dekat Samudera Hindia. Di Indonesia, tanaman ini biasanya dikenal sebagai daun pegagan serta dikenal memiliki kandungan flavonoid dan asam amino tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti anti-aging, melawan jerawat, melembapkan, serta memberi rasa sejuk bagi kulit. Tak heran jika tanaman ini telah banyak digunakan oleh orang Asia sejak berabad-abad lalu sebagai obat dari penyakit kulit. Tak hanya itu, bahan alami ini juga kaya akan kandungan asiaticoside dan madecassoside yang dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, garis halus, dan kulit yang kendur.  Manfaat Centella Asiatica lainnya adalah untuk kulit wajah adalah menjaga keseimbangan kandungan pH kulit berkat antioksidan dan vitamin yang dikandungnya. Kandungan aktif daun pegagan dapat menembus ke lapisan kulit dalam dan bekerja langsung pada sel-sel yang mengalami kerusakan. 

Manfaat centella asiatica untuk kesehatan kulit 
Di dalam Centella asiatica, terkandung saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid. Zat-zat inilah yang disinyalir bermanfaat bagi kulit. Nah, apa saja manfaatnya?

Menjaga kelembapan kulit
Ekstrak Centella asiatica dapat meningkatkan kadar sebum atau minyak alami kulit, sehingga kelembapan dan elastisitas kulit dapat terjaga. Kandungan saponin dari tanaman ini juga mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis di kulit. Kulit yang terjaga kelembapannya akan lebih mudah terhindar dari masalah, seperti kulit gatal, kusam, atau keriput.

Mengurangi jerawat
Centella asiatica punya manfaat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah, yaitu Propionibacterium acnes. Tanaman ini mengandung senyawa madecassoside yang bekerja sebagai antimikroba, sekaligus membantu menekan proses peradangan pada jerawat.

Mengurangi peradangan
Selain membantu menjaga kelembaban kulit, saponin juga dapat memberikan perlindungan pada kulit, dan meredakan iritasi kulit dengan cara menghambat sel-sel yang memicu peradangan. Berdasarkan hasil riset di laboratorium, efek Centella asiatica tersebut dapat meringankan gejala penyakit kulit tertentu, antara lain dermatitis, psoriasis, scleroderma, dan eksim atopik. Namun, efek penggunaan tanaman herbal ini sebagai obat untuk penyakit kulit pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

Mencegah dan mengurangi kerusakan kulit
Centella asiatica kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan phenolic acid. Antioksidan dari tanaman ini dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Penuaan dini pada kulit ini dapat disebabkan oleh paparan radiasi sinar ultraviolet (UV) matahari dan polutan, seperti asap rokok dan asap kendaraan.

Mempercepat penyembuhan luka pada kulit
Terpenoid yang ada dalam Centella asiatica terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, Centella asiatica bahkan dapat digunakan pada luka bakar, karena kandungan zat aktifnya dapat meningkatkan produksi kolagen, serta menunjang pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru. Ekstrak tanaman ini juga terbukti dapat membantu pemulihan luka pasca operasi, luka robek, dan luka pada penderita diabetes.

Mencegah stretch marks dan mengurangi selulit
Selulit adalah masalah penampilan yang sering diderita oleh orang-orang yang mengalami kenaikan berat badan dalam waktu cepat, misalnya remaja yang sedang dalam masa pubertas atau wanita hamil. Nah, ekstrak Centella asiatica disinyalir dapat mengurangi selulit bila dioleskan di area tubuh yang mengalami masalah ini. Sementara itu, Centella asiatica juga dapat digunakan untuk mencegah timbulnya stretch marks selama kehamilan dan pubertas. Namun, bukti ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini kurang efektif untuk memudarkan stretch marks yang sudah terbentuk.

Anti penuaan
Manfaat centella asiatica saat diolah menjadi skincare adalah pencegah penuaan dini. Hal ini karena tanaman pegagan kaya akan kandungan Flavonoid dan senyawa aktif bernama Madecassoside. Senyawa ini berguna sebagai antioksidan yang membantu untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari dan polusi. Senyawa tersebut juga meningkatkan sirkulasi darah dan sintesis kolagen serta jaringan kulit agar tetap awet muda. Kolagen berperan penting terhadap peningkatan elastisitas kulit, sehingga tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus tidak terjadi terlalu dini.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life