What Are You Looking For?

Manfaat Sodium Hyaluronate untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Sodium Hyaluronate untuk Kesehatan Kulit
Kecantikan Invalid date 204 Views

Sodium hyaluronate adalah emolien, yaitu bahan yang berfungsi menghidrasi dan melindungi kulit. Kandungan ini sering ditambahkan ke dalam skincare untuk membuat kulit lebih lembap dan menenangkan. Bahan ini bersifat hidrofilik yang artinya mudah bercampur dengan air. Ketika dioleskan, sodium hyaluronate akan menarik kelembaban di sel-sel kulit. Alhasil, kulit yang kering dan mengelupas lebih terhidrasi dan lembap. 

Serupa tapi tak sama, sodium hyaluronate adalah zat turunan dari hyaluronic acid dengan manfaat yang sama, namun lebih mudah diserap oleh kulit. Jika dibandingkan dengan asam hyaluronate, sodium hyaluronate dapat memberikan efek hidrasi yang lebih besar. Menurut penelitian, hal tersebut disebabkan karena berat molekulnya yang lebih rendah sehingga mudah menembus pori-pori kulit.

Manfaat sodium hyaluronate 
Manfaat utama sodium hyaluronate dalam perawatan kulit adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Zat ini berfungsi menghasilkan kulit yang lebih sehat, bersinar, dan mencegah tanda-tanda penuaan, seperti kulit kering dan keriput. Pada praktiknya, sodium hyaluronate berfungsi membantu kulit menyerap dan mempertahankan uap air sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan lembut. Berikut manfaat sodium hyaluronate untuk kulit :

Melembapkan Kulit 
Sodium hialuronat adalah salah satu jenis pelembap yang bekerja dengan cara menarik kelembapan.  Bahan yang satu ini bisa menyerap ke lapisan kulit yang cukup dalam, sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih lembap dan tidak mengering.  Beruntungnya, bahan skincare ini aman untuk digunakan saat mengandung. Sodium hyaluronate untuk ibu hamil bisa digunakan sebagai perawatan kulit yang bisa melembapkan kulit. 

Mengencangkan kulit
Sodium hyaluronate memiliki sifat yang mengikat air. Molekulnya yang sangat kecil, memungkinkan sodium hyaluronate masuk ke dalam jaringan kulit dan menjalankan fungsinya untuk menyerap sekaligus mempertahankan kelembapan kulit. Sebagai hasilnya, kulit akan tampak lebih kencang dan awet muda.

Menghaluskan garis-garis halus keriput
Sodium hyaluronate juga mampu menghidrasi kulit secara optimal sehingga membantu mengurangi penampakan garis-garis halus dan kerutan. Kulit yang lembap juga membantu mencegah terjadinya keriput pada kulit.

Mengurangi peradangan kulit
Sodium hyaluronate juga dapat menenangkan kulit yang meradang. Hal ini dibuktikan dari studi yang meneliti efek kandungan ini untuk mengurangi gejala rosacea. Rosacea adalah peradangan kulit berupa kemerahan, benjolan dan terasa terbakar.  Berat molekul sodium hyaluronate yang cenderung rendah mendorong produksi beta-defensin 2, senyawa yang berfungsi menyembuhkan jaringan. Bukan cuma itu, kandungan ini juga mampu mengontrol aktivitas sel-sel peradangan.

Menyembuhkan luka
Sebuah penelitian juga mengungkapkan kalau kandungan ini membantu penyembuhan luka pada kulit. Menurut para peneliti, manfaat ini berasal dari kemampuan sodium hyaluronate dalam menggandakan sel dan memperbaiki jaringan. Produksi beta-defensin 2 juga memiliki efek antimikroba, yang melindungi luka dari infeksi.

Memperbaiki jaringan kulit
Selain menggunakan sodium hyaluronate untuk wajah, dokter juga terkadang memakai bahan ini sebagai perawatan topikal untuk memperbaiki luka pada kulit di area lain.  Pasalnya, kandungan ini bisa membantu penyembuhan luka dan perbaikan jaringan akibat sayatan bedah, cangkok kulit, atau bisul.

Meningkatkan penyerapan bahan aktif skincare
Turunan asam hialuronat ini dapat menjangkau lapisan kulit yang lebih dalam. Hal tersebut tentunya bisa meningkatkan efek penyerapan bahan aktif dalam produk perawatan kulit.  Dengan begitu, penggunaan skincare menjadi lebih efektif karena mampu menembus lapisan terluar kulit.  Produk skincare yang mengandung sodium hyaluronate aman digunakan, sehingga tidak menimbulkan efek samping pada kulit. 

Mencegah jerawat
Manfaat sodium hyalunorate lainnya adalah tidak menyebabkan jerawat. Bentuk sodium hylauronat yang halus tidak akan menyumbat pori-pori sehingga pertumbuhan jerawat bisa dicegah. Selain untuk menjaga kesehatan kulit, sodium hyaluronate juga digunakan sebagai kandungan bahan pengobatan untuk mengatasi gangguan kesehatan lainnya, seperti:

  • Digunakan dalam obat tetes mata untuk mencegah mata kering
  • Sebagai peredam kejut antara sendi dan tulang rawan pada pengidap osteoarthritis
  • Sebagai perawatan untuk melapisi kandungan kemih dalam menangani kondisi seperti interstitial cystitis.

Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life